kalingga

Minggu, 14 Oktober 2012

email

Email (bahasa Inggris) adalah singkatan dari elektronik-mail yang artinya surta elektronik. Dalam bahasa Indonesia bisa disingkat “ratel”, “ratron”, “surel”, atau “surat-e”. Untuk selanjutnya sebutan yang terkenal adalah EMAIL. Arti dari email menurut wikipedia adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet)

 Fungsi Email Sebagai Alat Komunikasi

1. Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
2. Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
3. Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
4. Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
5. Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
-Dampak Negatif Email Sebagai Alat Komunikasi
1. Alat penyebaran firus komputer.
2. Alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk, seperti untuk kegiatan teroris.
Terdapat banyak cara untuk mendapatkan email :
1. Undangan dari teman
Cara ini melalui teman yang telah memiliki account pada penyedia layanan email tersebut. Kamu tidak dapat mendaftarkan diri tanpa undangan dari salah seorang yang telah menjadi anggota.
Contoh layanan ini : layanan email yang disediakan oleh Google (mail.gmail.com)
2. Dari Internet Service Provider (ISP)
ISP adalah perusahaan yang melayani koneksi internet. Beberapa contoh ISP di Indonesia, antara lain Indosat NET, WasantaraNET, dan IndoNET. Koneksi internet dilakukan berdasarkan jumlah jam akses atau hak pakai selama 24 jam per hari. Kamu harus mandaftarkan diri kepada penyedia layanan tersebut untuk mendapatkan layanan email.
3. Dari perusahaan
Email yang diperoleh dari perusahaan adalah email yang diberikan oleh suatu perusahaan. Ciri khasnya adalah alamat email ini memiliki identitas perusahaan dimana email tersebut terdaftar. Untuk mendapatkan email jenis ini, seseorang harus manjadi karyawan dari perusahaan tersebut.
4. Memesan sendiri
Cara ini bertujuan untuk mendapatkan alamat email khusus yang dapat kamu tentukan sendiri, mulai dari nama domain, identitas kamu, serta fasilitas yang ingin kamu dapatkan dari email tersebut. Untuk mendapatkannya, kamu harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian memesan paket hosting untuk server kamu, baru kemudian kamu akan dapat menggunakan email tersebut.
5. Melalui penyedia email gratis
Cara ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan email. Kamu tinggal mengunjungi web penyedia tersebut, mengisi data pribadi lalu kamu pun akan memiliki email secara instan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar