kalingga

Minggu, 07 Oktober 2012

Logo Menurut saya

ABSTRAK
Logo, sesuatu yang sudah ada dari sejak jaman dahulu, disebut juga Simbol atau Lambang, yang fungsinya sebagai tanda atau identitas, secara denotatif mewakili suatu benda atau produk, secara konotatif mewakili suatu konsep. Suatu produk dapat menjadi mitos karena proses penyampaian “brand” nya disertai dengan ide-ide kreatif yang mengarah kepada gaya hidup. Alhasil sebuah sepatu bukan hanya sepatu untuk melindungi kaki, melainkan sebuah gaya hidup. Orang bukan lagi membeli benda dengan pertimbangan fungsi pakai nya, melainkan membeli merek, demi gengsi, aktualisasi diri.
Pembuatan logo bukan hanya untuk print-matter, tetapi juga diaplikasikan pada web atau screen based design. Logo di desain bukan untuk dipakai sendiri, melainkan untuk dipakai oleh klien.

 Jenis & Tipe Logo
Pada masa awal perkembangannya, pembagian jenis desain logo tidaklah serumit sekarang. Mula-mula desain logo hanya berupa bentuk yang tak terucapkan seperti gambar, yang dibuat oleh perajin untuk lambang kerajaan. Seiring dengan berkembangnya jaman, desain logo tidak hanya digunakan untuk kepentingan kerajaan saja, melainkan untuk memberi tanda pada barang-barang yang dijual di pasar.
Pembagian jenis logo secara sederhana terbagi atas dua bagian yaitu Word Marks atau Brand Name yaitu logo yang tersusun dari bentuk terucapkan, serta Device Marks atau Brand Mark yang tersusun dari bentuk tak terucapkan. Bisa pula logo terdiri atas keduanya, yang merupakan kombinasi dari brand name dan brand mark. Sebagai contoh untuk brandname adalah logo Sony yang hanya tersusun dari kata sony, dan Shell logo untuk brand mark yang tersusun dari gambar kerang. Sedangkan paduan keduanya adalah seperti logo rokok Djarum, yang terdiri dari tulisan Djarum dan gambar jarum.
Kemudian dengan semakin bertambahnya jumlah produk di pasar, serta semakin kompleknya karakteristik pasar muncul berbagai jenis desain logo, yang pada dasarnya merupakan paduan dari dua jenis desain logo diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar